PT SMI Gelar Peduli Sosial Kepada Ribuan Masyarakat Bojonegara

Iklan Semua Halaman

PT SMI Gelar Peduli Sosial Kepada Ribuan Masyarakat Bojonegara

Sabtu, 18 Maret 2023
Jajaran Top Manajemen PT Samudra Marine Indonesia (SMI) bersama unsur Muspika Bojonegara memberikan sembako secara simbolis dan serempak.


SERANG— PT Samudra Marine Indonesia (SMI) Bojonegara bekerja sama dengan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia menggelar Peduli Sosial kepada ribuan masyarakat Kecamatan Bojonegara, Kabupaten Serang, di Halaman Hotel Deluma di kawasan Bojonegara Industrial Park (BIP), Sabtu (18/3/2023).

Dalam acara tersebut, turut dihadiri oleh Top Manajemen PT SMI, dan jajaran Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia, beberapa Kepala Desa di Kecamatan Bojonegara, Camat Bojonegara, Kapolsek Bojonegara, Danramil Bojonegara serta tokoh agama dan tokoh masyarakat setempat.

Unsur Muspika Bojonegara dan jajaran top manajemen PT SMI

Ketua Panitia Peduli Sosial Jummadi yang juga sebagai HRD GA PT SMI, mengatakan dalam acara ini kembali dilaksanakan setelah pandemi Covid -19 sebagai Corporate Social Responsibility (CSR) PT SMI. Dan dilakukan beberapa hari menjelang datangnya bulan suci Ramadhan 1444 Hijriyah untuk membantu masyarakat sekitar.

Ketua Panitia Jummadi, ST MM, CHRM saat menyampaikan sambutan

"Dari pihak Owner ada isteri dari Pak Edy Wiranto, Ibu Shindy, ada Direktur kita Pak Jalingga Sinaga, ada Pak Rilendi dan beberapa manajer pimpinan yang ikut hadir. Pada hari ini, PT SMI kembali bekerja sama dengan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia, mengadakan kegiatan sosial atau peduli sosial kepada masyarakat lingkungan sekitar," ujarnya.

"Ada 1125 paket sembako untuk nelayan dan janda kurang mampu, beasiswa untuk pelajar ada 18 anak dari 2 Desa, Bojonegara dan Karang Kepuh, dan santunan anak yatim sebanyak 160 anak untuk Desa Bojonegara saja, sedangkan untuk nelayan ada 4 Desa yakni, Bojonegara, Karang Kepuh, Mangku Negara dan Kertasana," terangnya.

Pemberian santunan anak yatim dan beasiswa secara simbolis

Lebih lanjut, Jummadi juga menjelaskan dalam program CSR kali ini pihaknya lebih memprioritaskan kepada para nelayan di 4 desa di Kecamatan Bojonegara, karena eksistensinya bersentuhan dan berdampingan langsung dengan PT SMI.

"Momennya pas sebelum Ramadhan, dan untuk kali ini kami coba untuk muliakan para nelayan. Kenapa para nelayan, karena nelayan yang bersentuhan dengan kami secara langsung, mereka melaut melewati pekarangan kita, ada Kali Lumalang, Kali Wadas itu setiap hari nelayan lewat perusahaan kita. Apalagi selama 3-4 bulan terakhir nelayan kurang penghasilan karena faktor cuaca. CSR kami setiap tahun kita lakukan, bukan hanya sembako, tapi kegiatan sosial yang lain seperti kesehatan dan pendidikan," jelasnya.

Sementara itu, Direktur PT SMI, Jalingga Sinaga berharap dengan kegiatan ini makin bisa mempererat jalinan hubungan dan terciptanya harmonisasi antara perusahaan dan masyarakat sekitar.

Direktur PT SMI, Jalingga Sinaga

"Adanya hubungan yang baik antara perusahaan dan lingkungan, harmonisnya masyarakat nelayan dan masyarakat sekitar dengan perusahaan. Semoga kepedulian ini dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, agar keberadaan kami bisa terus dirasakan dampak positifnya dan harapannya kedepan bisa lebih baik lagi, adanya sinergisitas antara perusahaan dan masyarakat," ujarnya.

Perwakilan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia, Usman dalam sambutannya mengatakan menjelang bulan suci Ramadhan ini ingin ikut berbagi dengan sesama melalui pembagian paket sembako.

"Pembagian paket cinta kasih ini kita lakukan diberbagai daerah di Indonesia dalam rangka suci, termasuk di Serang Banten ini kita bagikan paket yang terdiri dari beras 5 kilogram, minyak goreng 2 liter, gula 2 kilogram, mie instan 20 bungkus dan lainnya sebanyak 1125 paket," ujarnya.

"Kita adalah saudara walau tanpa ikatan darah, dengan hati yang tulus kami bersyukur dapat berbagi kepada saudara-saudara kita yang akan menjalankan ibadah puasa," sambungnya.

Apresiasi kegiatan ini disampaikan Perwakilan 4 Kepala Desa yang disampaikan Kepala Desa Bojonegara, Wawan Fauzi yang menilai kegiatan sosial ini luar biasa dan berharap bisa setiap tahun dilaksanakan.

"Ini luar biasa sekali maka harus kita apresiasi atas kepedulian PT SMI dan program Yayasan Buddha Tzu Chi ini. Kita harap kepada semua masyarakat yang menerima bantuan ini untuk bersyukur. Maka atas nama 4 Kepala Desa di Kecamatan Bojonegara mengucapkan terimakasih kepada SMI dan Yayasan Buddha Tzu Chi yang sudah membantu masyarakat kami," tuturnya.

Hal senada dikatakan Camat Bojonegara, Sutikno yang mengucapkan terima kasih kepada segenap jajaran top manajemen PT SMI dan Yayasan Buddha Tzu Chi.

"Program ini bagus sekali dan kita dukung sepenuhnya, terimakasih yang kembali mengadakan kegiatan ini setelah pandemi berlalu, kita berharap kepada masyarakat untuk tetap menjaga kesehatan,"

Ucapan terimakasih juga diutarakan salah satu Nelayan Bojonegara, Wandi yang mengaku terbantu dengan bantuan sembako tersebut.

"Iya seneng ini membantu sekali apalagi mau puasa, cari ikan di laut cuaca kadang tidak menentu," ucapnya.

Suasana penyaluran Sembako Gratis tampak tertib dan teratur.

Dari pantauan langsung di lokasi, setelah pemberian bantuan secara simbolis dilakukan, penyaluran ribuan paket sembako kepada ribuan nelayan dan janda kurang mampu, dilakukan secara tertib dan lancar, berkat kesigapan pihak panitia, keamanan dan jajaran Yayasan Buddha Tzu Chi dalam mengatur penyaluran sembako. Bahkan terhadap janda tua yang membawa anak kecil diprioritaskan untuk lebih dulu dan bantu diangkatkan sembakonya hingga ke kendaraan.

Sementara penyaluran beasiswa kepada para pelajar dan santunan untuk anak-anak yatim oleh pihak panitia difokuskan  di panggung utama. Tampak wajah ceria masyarakat saat hendak pulang ke rumah dengan membawa sembako yang didapatkan gratis dari PT SMI dan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia. (*red)

#Industri
close